Talks Edisi kali ini, Eldoclass berkesempatan ngobrol bareng Rudi Setiawan, S.T, M. T. Beliau merupakan Dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan Founder Hibahin. 



Apa itu Hibahin ?

Hibahin atau Hibah Indonesia merupakan sebuah komunitas sosial yang bergerak sebagai penghubung antara pemberi hibah dan penerima hibah. Komunitas yang telah berdiri sekitar 2 tahun memiliki pengurus atau dikenal sohib pengurus mencapai kurang lebih 150 orang. 

Hibahin memiliki tagline " Semua Orang Bisa Hibah". Hibah tidak hanya uang saja namun kita dapat hibah dengan beragam seperti ilmu, tenaga dan karya. Hibahin influence orang lain untuk berhibah. 

Bagaimana awal berdirinya Hibahin?

Founder Hibahin menjelaskan bahwa keinginan mendirikan social community sudah lama dan terwujud di tahun 2020. Ia yang baru saja menyelesaikan study pada jenjang Magister, kembali ke kampung halaman. Masa transisi yang Ia alami bersamaan dengan pandemi. Ia mengurangi mobilitas sehingga melakukan aktivitas di rumah. Perasaan kurang produktif Ia alami. Di awal pandemi, ketakutan akan covid-19 cukup tinggi. Ia pun memperoleh dampak pandemi tersebut. 

Di awal pandemi, kelangkaan masker terjadi dimana-mana. Ia sebagai lulusan Magister ingin berbuat sesuatu atas kondisi tersebut. Dirumahnya terdapat mesin jahit karena Ibunya seorang penjahit. Berbekal background pendidikan sebagai lulusan Biomedis, Ia memiliki ilmu yang related to kesehatan. Ia mencoba membuat sendiri masker kain sesuai standar dengan 3 flyer. Ia belajar menggunakan mesin jahit dengan Ibunya.

Ia pun berbagi cerita mengenai masker yang Ia buat di social media. Respon positif diberikan oleh rekan-rekannya. Mereka bersedia membantu berupa dana. Iapun membuka donasi pembuatan masker kain melalui social media. Masker yang telah selesai Ia kerjakan, Ia bagikan di sekitar Kota Pangkal Pinang. 

Ia merasa bahagia karena dapat membantu orang lain melalui masker yang Ia buat. Selanjutnya Ia membuat faceshield. Ia membuat faceshield sesuai standar. Ia pun menceritakan rencananya melalui social media. Ada banyak yang ingin membantu dan berdonasi. Faceshield yang Ia buat diberikan kepada orang yang membutuhkan di sekitar Kabupaten dan Kota Bangka Belitung.

Ia pun menyampaikan keinginannya untuk hibah ilmu melalui social media. Ia bertanya siapa yang ingin berbagi ilmu. Respon positif Ia peroleh dari berbagai profesi seperti dokter, guru, pegawai swasta dan lain-lain. Kegiatan berbagi ilmu berlangsung selama 2 minggu. 

Ia pun merasa tidak dapat melakukan kegiatan ini sendiri. Ia pun membuat sebuah social community yang kita kenal saat ini dengan sebutan Hibahin.

Kini, Hibahin telah memiliki anggota lebih dari 150 orang. Hibahin melakukan kegiatan baik secara virtual maupun luring. 

Bagaimana memenejemen social community?

Founder memberikan ruang kepada sohib untuk berekspresi. Ia berharap komunitas ini menjadi wadah atau komunitas yang membuat sohib merasa gembira. Sohib diberikan kepercayaan untuk melaksanakan program atau kegiatan. Sohib berasal dari beragam profesi di batch 1. Pada bacth 2, sohib didominasi oleh mahasiswa/i. 

Mengajak orang untuk bergabung ke hibahin tidaklah hal yang mudah karena komunitas ini non profit atau dikenal social community. Kita perlu memanggilnya dari hati. Hibahin meng-influence teman-teman untuk memiliki new experience. Selain itu, teman-teman dapat menambah portofolio untuk CV melalui hibahin. 

Bagaimana membangun sebuah social community?

Seseorang yang tidak memiliki ketertarikan terhadap sosial, akan sulit untuk diajak membangun social community. Ajak orang-orang yang kita kenal terlebih dahulu. Akan lebih baik membangun komunitas bersama teman yang memiliki passion dan motivasi yang sama. 

Ketika kita belum yakin untuk membangun social community,Kita dapat memulai dengan bergabung sebagai volunteer di suatu komunitas. Kita coba dengan durasi waktu sebentar, jika nyaman bisa menambah kembali. Ajaklah orang-orang yang kita percaya. Ketika diajak itu jawabnya," Ayo".

Apa target yang ingin diwujudkan oleh Hibahin?

Hibahin berharap bisa semakin memberikan dampak yang luas. Selain itu, Hibahin dapat dikelola secara profesional.


Talks bareng Hibahin juga dapat ditonton melalui video berikut.